31 Mei 2009

Sehat Dengan Kismis

Kismis adalah anggur hitam yang berbentuk kecil - kecil dan dikeringkan, dapat juga dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Anggur hitam kecil yang biasa dibuat kismis tersebut pada mulanya berasal dari Yunani.

Mutu kismis yang baik harus tebal bundar, berisi (berdaging) dan bersih, ukurannya seragam berwarna biru kehitaman. Kismis tidak boleh mengandung buah yang mengkerut, sedikit atau tidak berdaging, berwarna merah yang menyebabkan terlalu asam dan dapat merusak rasa kue.
Fungsi Kismis

Kismis bisa digunakan untuk campuran pembuatan puding dan salad. Disamping itu kismis dan produk sejenisnya dapat langsung dimakan sebagai snack atau dicampur dengan serpihan flake biji - bijian yang siap untuk dimakan.

Untuk Kesehatan

Kismis mengandung kandungan gula yang tinggi, antara jenis gula yang terkandung didalam kismis adalah fruktosa dan glukosa. Gula ini dikenal dapat meningkatkan daya pemikiran otak, menajamkan memori dan menguatkan daya ingatan karena otak memerlukan gula dalam kuantiti yang berfungsi dengan baik dan kismis dapat menyediakan keperluan gula dalam kuantiti yang banyak dan cepat.

Kandungan Zat Gizi Kismis

Sebagai bahan pangan kismis mengandung lemak dan 2 % protein. Kandungan kalorinya adalah 850 kalori per pound (454 gram) kismis. Cita rasanya yang enak, warna dan nilai gizinya merupakan tarik utama dari kismis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar